Cara Merawat Motor Honda Tiger


Motor Tiger merupakan keluaran dari pabrikan Honda. Dengan cc yang lumayan besar yaitu 200c juga memerlukan perawatan yang baik dan benar. Disini sobat blog sandizain, kita akan menjelaskan cara merawat motor tiger.

1.       Rantai motor
Motor Tiger terkenal dengan rantainya yang berisik, oleh karena itu sebaiknya rantai diberi pelumas khusus rantai yang dapat dibeli di bengkel-bengkel terdekat. Oli motor bekaspun sebenarnnya dapat digunakan untuk melumasi rantai motor, tetapi alangkah baiknya menggunakan pelumas supaya gear seat (gigi tarik) yang digunakan pada motor Tiger anda tetap awet.

2.       Oli motor
Penggantian oli motor maksimal diganti setelah menempuh jarak 2000km, tetapi biasanya saya sendiri mengganti olinya setiap 1000km atau 500km karena pengalaman saya sendiri pernah telat mengganti oli membuat klep as dan as pianonya aus dan harus dibawa kebengkel.

3.       Busi motor
Busi merupakan komponen pada motor yang berfungsi sebagai penyambung kelistrikan pada motor. Untuk busi sendiri sebaiknya gunakanlah busi yang standar dari pabrikannya atau merek yang sudah ternama seperti  Denso, NGK, dan lain-lain.

4.       Karburator
Setiap 3bulan sekali sebaiknya motor Tiger yang anda gunakan diservis supaya karburator tetap dalam keadaan yang prima saat digunakan. Sebaiknya jangan terlalu sering membuka atau mengutak atik karburator karena stelan gas pada motor yang anda gunakan dapat los.

5.       Cek lampu dan kondisi ban
Lampu yang berfungsi sebagai penerangan saat berkendara sangatlah penting untuk diperhatikan dan dicek secara berkala, apabila ada yang bermasalah saat menyalakan lampu sebaiknya segera dibawa kebengkel supaya anda aman dalam berkendara. Selain itu cek juga tekanan angin pada ban supaya ban dalam motor tidak bocor dan mempengaruhi anda dalam berkendara.

6.       Merawat Tanki Motor
Tanki Motor pada Tiger dapat memuat sekitar 12,5 liter bahan bakar.  Sebaiknya isi bahan bakar pada tanki jangan dibiarkan dalam keadaaan sedikit karena ketika malam hari dan isi bahan bakarnya sedikit disitu akan tercipta uap air karena proses pengembunan  didalam tanki motor tersebut  yang dapat menyebabkan tanki berkarat. Selain itu saat mencuci motor usahakan tutup pengisian bahan bakar jangan langsung disiram dengan semprotan air karena air dapat merembes kedalam isi tanki bahan bakar dan membuat isi tanki berkarat dan semakin lama dapat menyebabkan kebocoran, oleh karena itu pandailah merawat tanki motor anda.

Sekian tips dari saya tentang cara merawat motor Tiger, semoga bermanfaat bagi sobat blog sandizain semua.

Popular posts from this blog

Tata Cara Pernikahan Tionghoa

Tips Mengobati Sariawan